Pengrajin Kepang menanti Generasi penerus

Rembang-Para Pengrajin kepang di desa Kumendung Kecamatan Rembang saat ini masih terkendala dengan bahan baku dan generasi penerusnya.  Meski begitu beberapa pengrajin masih tetap setia membuat anyaman kepang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya,

Salah satunya Pengrajin Kepang Rakiman umur 58 tahun  warga dukuh Mendung  RT2 RW II Desa Kumendung Kecamatan Rembang sekaligus menjadi pengepul bagi pengrajin kepang di desanya.

Menurut keterangan Rakiman, Setiap harinya Ia mampu membuat minimal 3 sampai  4 Kepang dengan ukuran 175 cm dan 240 cm dengan menghabiskan satu buah bambu. Selama ini ia mengakui dalam pembuatan kepang masih terkendala bahan baku yang mulai sulit didapatkan, sehingga kadang harus mendatangkan dari luar daerah yakni dikabupaten Blora. 
Bapak dengan  2 anak yang sudah punya 4 cucu ini mengatakan,kepang yang dibuat biasanya ada pesanan, Selama ini  pesanan  berasal dari kabupaten tetangga seperti Tuban. Namun ketika banyak pesanan biasanya Ia dibantu pengrajin lain. Sebelumnya ada 3 desa penghasil kepang Yakni desa Kumendung, gedangan dan turus Gede, tetapi seiring berkembangnya jaman  Hanya pengrajin kepang di desa Kumendung yang masih bertahan, Itupun  hanya puluhan orang saja.
Dikatakan Rakiman, Berkurangnya pengrajin disebabkan  tidak ada generasi muda yang berminat meneruskannya, mereka cenderung bekerja di luar kota bahkan keluar jawa  yang dapat  menghasilkan uang banyak. Pasalnya Untuk membuat 1 kepang biasanya hanya dihargai Rp. 15 Ribu.
Untuk  pesanan biasanya disesuaikan dengan  motif. Untuk  kepang motif Durno dihargai lebih  tinggi sekitar Rp. 20 ribu,  Ia berharap pengrajin Kepang  tidak hilang tergerus perkembangan jaman.(fandi-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: