KUA butuh Tambahan penghulu.

Rembang-Kantor urusan Agama (KUA) dimasing-masing kecamatan di wilayah rembang masih membutuhkan tambahan tenaga penghulu, rata-rata saat ini hanya memiliki 2 tenaga penghulu di setiap kecamatan dan dirasa masih kurang . padahal idialnya minimal harus   memiliki 3 tenaga penghulu .

Menurut Keterangan salah satu penghulu KUA Kecamatan rembang Mohammad Muksan,  KUA Kecamatan Rembang sendiri  hanya memiliki 2 Penghulu, Padahal apabila musim hajatan pengantin tiba sering kewalahan. Karena seorang penghulu dalam satu harinya bisa melayani 24 pasangan pengantian. Dengan jumlah 34desa/ kelurahan dikecamatan rembang tetuntunya pelayanan belum bisa dilaksanakan secara maksimal.

Mohammad Muksan menjelaskan, dengan minimnya tenaga penghulu kadang pihaknya sering mejadi sasaran kemarahan warga saat melakukan prosesi pernikahan, karena  kedatanganya dianggap tidak bisa tepat waktu. Hal ini disebabkan dalam satu hari ketika musim hajatan pengantin tiba seorang penghulu  harus melayani puluhan  pasangan pengantin.  Ketepatan waktu  tentunya   sulit dilakukan apabila waktunya bersamaan dengan lokasi desa yang berbeda dan letaknya berjauhan..Padahal jadwal harus dibagi antar pengantin dalam waktu bersamaan.
Muksan menjelaskan  untuk bulan Mei diakui memang ada peningkatan permintaan pernikahan mencapai 30 persen dari bulan sebelumnya Tercatat hingga pertengahan bulan Mei inisaja  sudah ada 50 pasangan lebih  yang mendaftar. Kondisi ini bisa bertambah lagi hingga akhir bulan, Sebelumnya di bulan april tercatat ada sekitar 40-an pasanganpengantin yang menikah.
Atas kondisi ini Pihaknya   telah menyampaikan usulan tenaga tambahan penghulu Ke Kantor Kementrian Agama Rembang. (fandi )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: