Angka Perceraian Diprediksi Meningkat

Rembang-Perkara perceraian yang ditangani Pengadilan Agama (PA) Rembang tahun ini diprediksi meningkat dibanding sebelumnya. Hingga minggu pertama bulan April saja pengajuan perkara cerai bertambah sekira 30% dari periode sama tahun lalu.

Desk Informasi PA Rembang, Mahmudi menerangkan, pengajuan cerai baik talak dan gugat yang masuk sampai dengan awal bulan April ini  sejumlah 339 perkara, sementara priode sama tahun 2010 hanya 280 perkara. Sedangkan tunggakan perkara cerai tahun lalu yang masih disidangkan sebanyak 119 perkara. Cukup tingginya pengajuan cerai sampai bulan April ini diprediksi angka perceraian tahun 2012 akan melonjak dibandingkan tahun kemarin.

Menurut Mahmudi, talak dan gugat cerai yang diajukan ke PA Rembang didominasi latar belakang ekonomi, mencapai kisaran 80 persen, Adapun sisanya karena istri diterlantarkan bertahun-tahun dan kondisi hidup berumah tangga sudah tidak harmonis lagi. Sedangkan penyebab pastinya baru terungkap saat tanya jawab dengan majelis hakim namun Mahmudi enggan menyebutkannya.
 Lanjut Mahmui, untuk prosentase segi usia pihak yang mengajukan cerai terhitung masih muda, antara 20-30 tahun. Kondisi tersebut cukup membuat prihatin karena yang menjadi korban utama adalah anak-anak dari pasangn muda yang bercerai. Karena rata-rata masih berusia di bawah lima tahun, sangat butuh perhatian dari orang tuanya.
Saat disinggung implementsi program baru memberikan kemudahan mengajukan dan menjalani sidang percerian bagi yang bermukim jauh dari PA Rembang, disebutkan Mahmudi bahwa program tersebut telah direalisasikan di Kecamatan Sale. Terhitung tahun 2012 ini perkara perceraian di kecamatan yang dimaksud dilayani melalui program yang dinamakan sidang keliling.
Ditambahkan, sidang keliling di Kecamatan Sale dilaksanakan sebulan dua kali, pada minggu pertama dan empat. Tempat sidang ditata identik dengan ruang yang digunakan di PA Rembang, menyewa gedung Ngudi Makmur di kecamatan setempat.
Pada bulan Januari ditangani 8 perkara cerai, Februari sebanyak 18 perkara dan Maret sejumlah 20 perkara. Sementara pada bulan April minggu pertama ditangani 12 perkara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: