Serangan Bom Pejuang Al Shabaab Tewaskan Presiden Komite Olimpiade Somalia

Sebuah ledakan terjadi di Teater Nasional, Mogadishu, Somalia, Rabu (04/04/2012), menewaskan 10 orang dan beberapa korban luka. Dua diantara 10 korban tewas adalah Presiden Komite Olimpiade Somalia dan Presiden Federasi Sepak Bola Somalia.
Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Federasi Sepak bola Somalia, Shafici Mohyadin seperti dikutip laman Al Jazeera.

Sementara itu, Juru Bicara Operasi Militer Al Shabaab, Sheikh Abdiasis Abu Musab, kepada kantor berita Reuters, mengatakan dirinya bersama yang lainnya berada di belakang teater saat ledakan terjadi.
“Kami menyasar para menteri dan anggota legislatif yang berkhianat, mereka yang menjadi korban (ledakan) hari ini,” katanya.

Abbas Abdi, seorang jurnalis yang berada di Mogadishu mengatakan kepada Al Jazeera, memperkirakan tersangka yang meledakkan teater nasional tersebut adalah pelaku bom bunuh diri yang diduga menghancurkan acara perayaan TV Somalia. Pasalnya dalam acara selebrasi tersebut dihadiri Perdana Menteri Somalia, Abdiweli Mohamed dan pejabat pemerintah lainnya.

Pejuang al-Shabab, meskipun telah menarik diri dari ibukota Agustus lalu, terus menerus melakukan penyerangan dengan sasaran di jantung kota menggunakan bom pinggir jalan, mortir, dan bom bunuh diri.

Al-Shabab, 14 Maret lalu, setelah seorang pelaku bom bunuh diri menyerang istana presiden, mengatakan akan melakukan serangan susulan yang lebih banyak. Dan serangan di teater nasional itu merupakan bagian dari janjinya.

Istana presiden telah menjadi target serangan mortir berkali-kali dalam dua pekan terakhir oleh pejuang Al Shabab, meskipun mereka belum berhasil mengenainya. [muslimdaily]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: