Rembang cocok untuk perkembangbiakan lebah madu

Sulang-Tidak mudah untuk mengembangkan budidaya lebah madu, karena untuk mendapatkan madu kuwalitas tinggi, lebah madu juga harus dikembangbiakan dengan teliti karena harus dilakukan secara berpindah-Pindah. Kabupaten Rembang misalnya pada musim paceklik sangat cocok untuk perkembangbiakan budidaya lebah madu.

Salah satunya yang dilakukan Ngargi 42 tahun, Warga Bleber RT 02/RW III Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati mengembara mengembangkan budidaya lebah madu sampai di wilayah kecamatan sulang kabupaten Rembang baru-baru ini. Ia sangat ulet dalam menekuni pekerjaannya sebagai peternak lebah madu. Sejak tahun 1984 Ngargi mulai kembangkan pembudidayaan lebah dan berbisnis madu dan Keuntungan yang didapat bisa mencapai puluhan juta rupiah

Ngargi menuturkan, dipilihnya kecamatan sulang untuk mengembangkan budidaya lebah karena merupakan bulan-bulan paceklik dan sedang musim bunga yang diinginkan lebah madu. Sehingga dalam 20 hari sampai 30 hari Ia menetap di Rembang dan akan selalu berpindah-pindah.
Tak tanggung-tanggung dalam perpindahan lebah ini  dia  membawa bok lebah hingga 194 bok lebah. Perpindahan di Rembang ini  tidak memprioritaskan untuk mencari madu, akan tetapi dirinya sedang memprioritaskan perkembangbiakan lebah dalam mencari madu. Lebh yang dikembangkan  bukanlah lebah biasa, akan tetapi lebah australia yang bisa menghasilkan madu lebih banyak.
Dijelaskan, pada musim  paceklik  keseluruhan lebah madunya hanya berproduksi sekitar satu kuintal setiap sekali panen, yakni 10-12 hari. Padahal apabila dimusim bagus setiap 10 hari dapat menghasilkan kisaran 1,5 ton madu. Dengan harga jual perkilonya Rp 40 ribu.
Khusus untuk kualitas super yakni bunga kelengkeng harganya bisa mencapai Rp 75 ribu per kilonya. Sehingga  bila dikalkulasi keuntungan yang didapat tak tanggung-tanggung, uang yang didapat dalam sekali panen hingga Rp 40 juta untuk kualitas biasa. Sedangkan untuk kualitas super bisa mencapai Rp 75 juta
Setelah  bertahan dikecamatan Sulang, lanjut Ngargi, dirinya akan berpindah ke Purwodadi untuk menuai musim bunga tanaman jagung. Setelah itu akan berpindah ke pasuruhan untuk mengejar bunga randu.   

One Response to Rembang cocok untuk perkembangbiakan lebah madu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: