Dana BOS Pendampingan Diharap Turun Secepatnya

Rembang-Selain dana Biaya Operasi Sekolah (BOS) reguler dari dana APBN, juga disalurkan pendampingan bersumber dana APBD I. Saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang sedang mengajukan syarat administrasi yang dibutuhkan guna memenuhi ketentuan proses pencairan.

Manajer dana BOS Kabupaten Rembang, Susanto menjelaskan, untuk mencairkan dana BOS pendampingan dari Pemprov Jawa Tengah, semua kabupaten/kota wajib menyerahkan data penerima ke Lembaga Penjamin Mutu Pendidkan (LPMP) di Semarang. Batasan waktu verifikasi data sudah harus masuk Selasa hingga Kamis mendatang.

Menurut Susanto, nilai dana BOS pendampingan tahun ini sama dengan sebelumnya, Rp 30 ribu untuk murid SD dan Rp 50 ribu untuk siswa SMP. Hanya saja pencairan dana BOS pendampingan tidak sama dengan yang reguler, terpisah antara sekolah di bawah lingkup Dinas Pendidkan dan Kementrian Agama, melainkan satu pintu melalui Dinas Pendidkan.
 Lanjut Susanto, karena proses pengurusan dilakukan oleh Dinas Pendidikan, maka jumlah penerima dana BOS pendampingan juga lebih banyak dibanding reguler meliputi SD negeri dan swasta serta sekolah luar biasa (SLB). Ditambah sekolah madarasah ibtidaiyah dan tsanawiyah baik negeri dan swasta serta pondok pesantren.
Ditambahkan, untuk jumlah penerima dana BOS pendampingan tahun ini sendiri berkurang dibanding sebelumnya, untuk SD sederajat dari 61.731 mejadi 61.245 anak, sedangkan SMP sederajat dari 28.799 menjadi 28.424 anak. Dana BOS pendampingan untuk jenjang pendidikan SD sederajat sebanyak Rp 1,8 milyar lebih dan SMP sederajat sejumlah Rp 1,4 milyar lebih. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: