Suwandi Sukses Budidayakan Pohon Buah Bermedia Tanah Asin

Rembang-Berkat kesukaannya dengan buah kelengkeng yang digemarinya semenjak kecil, kini Suwandi tak perlu membeli jika ingin menikmatinya. Dia memiliki puluhan tanaman sendiri dan sudah acapkali panen.

Suwandi, warga Desa Dresi Kulon Kecamatan Kaliori dikenal gigih, bila memiliki tekad dan keinginan. Termasuk saat dirinya ingin membudidayakan pohon kelengkeng di Rembang yang tanahnya sedikit berasa asin. Berkat uji coba beberapa kali, akhirnya pria yang keseharian mengajar di salah satu SMA  di Rembang itu memiliki puluhan pohon kelengkeng dan sudah panen beberapa kali.

Ditemui di kediamannya, Suwandi menjelaskan awal mulanya sekira tiga tahun yang lalu dia menanam pohon kelengkeng dalam pot atau sering dinamakan tanaman buah dalam pot/tabulampot dengan media tumbuh tanah asin. Ternyata upayanya menunjukan hasil, tanaman tumbuh subur bahkan berbuah dengan lebat.
Lanjut dia, akhirnya diputuskan menanam beberapa bibit pohon kelengkeng  di areal perkebunannya yang berada di sekitar tambak garam dan pertumbuhanya sedikitpun tak menemui kendala. Kemudian jumlah tanaman ditambah dan hingga kini puluhan pohon kelengkeng terlihat tumbuh subur bahkan sebagian besar berbuah cukup lebat bahkan siap dipanen.
Ditambahkan, tujuan awal dirinya berkebun kelengkeng adalah  untuk persiapan ketika sudah pensiun nanti, sekaligus diharapkan budidaya tanaman kelengkeng menjadi usaha tetap keluarganya.  serta mengajari masyarakat supaya mau menanam buah kelengkeng di tanah asin.
Terhitung bulan Januari lalu, Suwandi menambah koleksi pohon buah di lahan perkebunan sekira 1 hektar dengan tanaman jeruk dan salak. Dalam budidaya aneka tanaman buah tersebut sedikitnya mengeluarkan dana mencapai Rp15 juta, diprediksi tahun depan saat semua tanaman berbuah dan panen akan menuai impas atau setidaknya meraup untung. (heru)
Diposkan oleh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: