Petani Wilayah Rembang Timur Dianjurkan Tanam Palawija

Rembang-Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang menganjurkan petani yang bermukim di wilayah timur untuk menanam palawija seusai panen. Hal ini dikarenakan curah hujan mulai kurang, sehingga kurang tepat apabila kembali menanam padi.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang, Suratmin, menginformasikan, sampai minggu kedua bulan Maret lahan pertanian di wilayah timur masih banyak yang belum panen, luasan mencapai 20 ribu hektar. Oleh karena itu setelah panen nanti dianjurkan menanam palawija saja karena minimnya curah hujan.

Menurut Suratmin, area pertanian wilayah timur adalah  lahan tadah hujan, tidak didukung prasarana irigasi, sehingga apabila kembali menanam padi dikhawatirkan akan puso. Namun bila akan menerapkan model singgang dipersilahkan, hanya saja petani harus menghitung aspek untung dan rugi, karena hasil panen berkisar 40% dari masa tanam sebelumnya.
Lanjut Suratmin, petani pada minggu ini muilai menanam, meliputi wilayah Rembang, Kaliori, Sumber, Bulu dan Gunem, masih memungkinkan karena berdasar data dari BMKG Semarang, sampai dengan minggu kedua Maret curah hujan mencapai 200 mililiter per detik, merupakan limit untuk mengairi areal persawahan. Dianjurkan memilih bibit padi berusia pendek dan tahan hama seperti inpari 13, agar hasil panen maksimal.
Ditambahkan, pada mingu berikutnya curah turun menjadi 100 mililiter, kurang memenuhi standar untuk menanam padi, lebih baik membudidyakan tananam palawija yang bernilai ekonomi cukup tinggi, seperti jagung, kacang hijau atau wijen. Setelah itu bagi petani yang lolos verifikasi terpilih menanam ttembakau, dipesan menyiapkan lahan dengan baik agar menuai hasil optimal. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: