Polhut Amankan Pelaku Illegal Logging

Rembang-Dua warga Kabupaten Blora baru-baru ini Ditangkap anggota polisi hutan (polhut) KPH Mantingan karena didapati sedang mengangkut dua batang kayu jati. Alasan penangkapan disebabkan kedua orang tersebut tak bisa menunjukan keabsahan dokumen resmi yang melengkapi kayu yang dibawanya.

Wakil Administratur KPH Mantingan Moh Rizqon selaku penanggung jawab keamanan hutan di wilayah kerjanya menjelaskan, dua orang yang diamankan anggota polhut yaitu Sumijan dan Wiji, tercatat sebagai warga Desa Ngampel Blora. Kepergok polhut KPH Mantingan ketika menggelar patroli rutin di jalur Sulang-Sumber, turut Desa Logung  Kecamatan Sumber.
Disebutkan Rizqon, awalnya kendaran colt pik up bernomor polisi K 1936 JE saat melaju dicurigai dan dihentikan oleh anggota pohut, dari pemeriksaan diketahui mengangkut dua batang kayu jati berukuran cukup besar, panjang 1,9 m X
1,2 m dengan ketebalan 5 cm lebih. Sewaktu polhut meminta menunjukan dokumen resmi yang harus dilengkapi untuk mengangkut, ternyata kedua orang tadi tak dapat menunjukan, sehingga kuat dugaan mereka adalah komplotan pelaku illegal logging, kemudian diamankan.
Ditambahkan, pelaku seterusnya diserahkan ke Polres Rembang guna disidik. Adapun taksiran nilai dua batang kayu gelap tersebut sekira Rp9 juta, berikut kendaraan yang digunakan untuk sementara berada di Mapolres Rembang, digunakan barang bukti pemeriksaan.
Dari adanya kejadian tersebut, KPH Mantingan menugaskan jajaran polhut untuk meningkatkan intensitas patroli, khususnya jalan pedesaan yang menghubungkan dengan kabupaten tetangga, Blora dan Pati. Tujuannya untuk memutus jalur transportasi pengiriman kayu hasil illegal logging dari hutan wilayah kerja KPH Mantingan.

One Response to Polhut Amankan Pelaku Illegal Logging

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: