Karaoke Berkedok Izin Rumah Makan Bermunculan di Rembang

REMBANG, suaramerdeka.com – Pengusaha karaoke di Kabupaten Rembang semakin jeli memanfaatkan peluang. Kerap disorot warga terutama saat Bulan Ramadhan, pengusaha kini berlindung dibalik izin pendirian resto maupun rumah makan untuk membuka room (ruangan) karaoke.

Tercatat ada tiga usaha karaoke baru berlabel keluarga yang didirikan di Kota Rembang. Karaoke keluarga itu “menempel” di rumah makan maupun resto yang didirikan pemiliknya. Kepala Kantor Perizinan dan Pelayanan Terpadu (KPPT) Rembang Sri Sugiyarti menyebutkan, belum ada satu pun pengajuan izin pendirian kafe dan karaoke keluarga.

“Kalau pendirian rumah makan maupun resto memang ada. Kami mengeluarkan sejumlah izin untuk itu. Hanya saja mereka tak menyebutkan jika akan membuka kafe dan karaoke, apalagi yang berlabel karaoke keluarga,” terangnya, Sabtu (3/3).

Menurutnya, pengusaha harus jujur dalam mengajukan perizinan. Jika dalam usaha resto maupun rumah makan ada fasilitas kafe dan karaoke, pengusaha wajib menyebutkan. “Idealnya memang demikian. Sebab usaha serupa memang sangat sensitif terutama di bulan-bulan tertentu,” jelasnya.

Keberadaan kafe dan karaoke ini juga sempat disorot Wakil Bupati Abdul Hafidz. Pada sebuah kegiatan yang dihadirinya baru-baru ini, Hafidz mendesak pengusaha kafe dan karaoke maupun warung kopi lelet segera mengurusi perizinan. Selain itu, mereka dilarang mempekerjakan gadis di bawah umur.

Pengusaha juga wajib memeriksakan kesehatan wanita pekerja kafe dan karaoke secara rutin. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisasi penyebaran penyakit menular berbahaya seperti HIV/AIDS.

( Saiful Annas / CN32 / JBSM )

One Response to Karaoke Berkedok Izin Rumah Makan Bermunculan di Rembang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: