BPTP Siapkan Padi Varietas Baru Untuk Lahan Kering

Gunem-Untuk memenuhi target surplus beras 10 juta ton pada tahun 2014, Pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah strategis antara lain dengan menyiapkan 128 juta hektar lahan pertanian.

Kepala Balai Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Tengah Dr Tri Sudaryono mengatakan, selain lahan, pemerintah melalui badan penelitian dan pengembangan (litbang) juga telah menyiapkan dari aspek teknologi dan sumber daya manusia (SDM) sebanyak 320 peneliti dan penyuluh. Sedangkan tahun ini ditambah  menjadi 424 peneliti penyuluh. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada panen raya padi di desa Telgawah kecamatan Gunem, hari Selasa .
 Selain itu, Balitbang juga sudah menyiapkan varietas-varietas baru benih padi unggulan yang sesuai dengan karakteristik lahan pertanian di seluruh daerah Indonesia. Seperti jenis padi Inhibrida padi gogo (Inpago) yang cocok untuk lahan kering.
 Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Rembang H. Abdul Hafidz mengatakan, padi jenis inpago mungkin sangat cocok bila ditanam di daerah Rembang mengingat lahan pertanian yang merupakan lahan kering di Kabupaten Rembang mencapai 23 ribu hektar.
Dijelaskan,46% PDRB Kabupaten Rembang disumbang dari sektor pertanian,sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melaksanakan program-program pemerintah pusat yang terkait dengan pertanian.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang  Suratmin mengataka, lokasi defarm PTT dilakukan di tiga lokasi yakni kelompok tani manunggal desa Telgawah Kecamatan Gunem, Balai Benih Jayeng Pamot Kecamatan Pamotan dan di desa Kumendung Kecamatan Rembang.
 Berdasarkan informasi dari ketua kelompok tani manunggal Parno, satu hektar lahan padi yang ditanami padi jenis inpari 13 membutuhkan biaya total sekitar Rp 8 juta rupiah. Setelah panen menghasilkan 10,99 ton gabah padi, jika asumsi harga satu kilogram padi Rp 2.900,- maka satu hektar mampu menghasilkan pemasukan sekira Rp 30 juta lebih jika dikurangi ongkos produksi petani masih memiliki keuntungan sekira Rp 22 juta.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: