Pelatihan pembuatan jamur tiram

Sluke-30 anggota kelompok wanita tani yang tergabung dalam krida sari tani (KST) kecamatan Sluke kemarin mengikuti pelatihan pembuatan jamur tiram. Pelatihan di gelar di aula BPP kecamatan Sluke selama 2 hari, dengan materi teori dan Praktek, pelatihan pembuatan jamur diberikan untuk memberikan ketrampilan dan menciptakan lapangan kerja bagi anggota wanita tani di kecamatan Sluke.

Ketua KST kecamatan Sluke Maslikah mengatakan, di hari pertama anggota KST di berikan materi tentang pengenalan benih yang sudah banyak di jual di toko pertanian, pembuatan rak berbahan baku bambu untuk meletakkan log dan pembuatan log sangat mudah berbahan baku limbah gergajian.
Di hari ke dua peserta di berikan materi praktek lapangan tentang tata cara pembuatan jamur tiram untuk mendapat hasil jamur yang baik . Dari limbah gergajian di ayak agar halus setelah itu di kukus dan di tiriskan,  baru di beri benih, lalu di letakkan di atas log, hanya butuh waktu 30 hari, jamur sudah mulai dapat dipanen. Rata rata per log bisa menghasilkan 2 kilogram jamur, dan tiap log mampu bertahan selama enam bulan, tidak mengunakan bahan kimia, sehingga bekas media tanam jamur tiram dapat di manfaatkan untuk pupuk tanaman.
Maslikah menambahkan bersama anggotannya akan segera mempraktekan apa yang di dapat dalam pelatihan, tahap pertama akan membuat 2000 log dan akan mendatangkan bibt jamur dari Kabupaten Karanganyar yang berkwalitas bagus seharga Rp 4500 per botol, bila tahap pertama berhasil ia bersama anggotannya akan terus mengembangkan jamur tiram untuk menambah penghasilan bagi anggotannya. ::Heri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: