Budidaya padi Ciherang

Kragan-Pada musim tanam tahun ini, kelompok tani Sido Makmur desa Karang anyar kecamatan Kragan, menanam padi jenis Ciherang, di lahan seluas 35 hektar. Benih padi yang di tanam merupakan bantuan dari Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) padi tahun 20012 yang setiap hektarnya mendapat bantuan benih sebanyak 25 kilogram.

Ketua kelompok tani Sido Makmur Nardi menjelaskan, dipilihnya jenis padi Ciherang karena padi tersebut mempunyai keunggulan tahan terhadap hama penyakit, cocok ditanam pada musim penghujan dan pada musim kemarau, serta cocok ditanam dilahan pada ketingian 500 meter di atas permukaan laut, Sementara hasil yang dipanen dari bibit padi jenis Ciherang lebih banyak dibanding bibit padi lainya.

Nardi menambahkan Menurut rencana kelompok tani yang di pimpinnya akan membuat laborat pengembangan padi di lahan seluas 1 hektar, dengan tujuan bisa mengetahui cara menanam dan memilih varietas padi yang baik, serta pemupukan dan penanggulangan hama yang tepat, Sehingga hasil panen yang yang didapat diketahui, yang kesemuanya itu nantinya akan meningkatkan pendapatan anggota kelompok tani. (heri )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: