Baru Selesai Diperbaiki Talut Ambrol

REMBANG – Belum lama rampung diperbaiki, talut sepanjang 12 meter di pinggir jalan Sulang-Sumber di Desa Sendangmulyo, Kecamatan Bulu  Kabupaten Remabang, kembali ambrol. Talut ambrol setelah tak kuat menahan derasnya air dari hulu sungai saat intensitas hujan meningkat, seminggu terakhir.

Rasdi (45), warga Desa Sendangmulyo menyebutkan, talut yang longsor berada di sebelah barat Desa Pondokrejo, Kecamatan Bulu. Kerusakaan akibat longsor memang belum separah saat ambrol Maret 2010. Namun jika dibiarkan terus, diperkirakan kerusakan akan meluas.

“Apalagi hujan masih turun. Debit air dari wilayah hulu juga terus meningkat. Jika dibiarkan, jembatan di dekat talut bisa ikut ambrol,” jelasnya, Senin (16/1).

Rasdi menyebutkan, dua tempat semacam bendung untuk menampung air di lokasi kejadian saat ini sudah penuh. Air sewaktu-waktu bisa meluber jika hujan terus mengguyur di wilayah hulu. Apalagi air dari wilayah hulu terus menggelontor.

Tanaman Jagung

Podo (40), warga lainnya menambahkan, warga setempat beberapa kali telah mengingatkan pekerja yang memperbaiki talut ketika jembatan ambrol pada Maret 2010. Warga meminta pekerja memperkuat talut agar kuat menahan gempuran air.

“Untuk mencegah longsoran, kami dulu mengusulkan agar dibuat talut di sisi kanan dan kiri saluran. Namun hingga pekerjaan rampung, usulan kami tidak diperhatikan,” jelasnya.

Akibat rusaknya talut itu, lanjut dia, sebagian tanaman jagung milik petani di sekitar itu juga rusak. Sebagian hanyut terbawa air. Podo menuturkan, kerusakan di jalur itu bisa mengancam akses warga di jalur Sulang-Sumber. Jika kerusakan meluas, warga di bagian barat terpaksa harus memutar ke wilayah Sumber jika ingin bepergian.

Untuk mencegah kerusakan semakin meluas, warga kemarin memasang sejumlah bongkahan batu di dekat talut yang longsor. “Batu ini sekaligus menjadi peringatan bagi pengendara yang melintas agar tidak terperosok,” jelasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Mujoko mengatakan akan mengecek talut yang ambrol. Pemeriksaan itu penting untuk merumuskan langkah apa yang akan diambil untuk memperbaiki kerusakan tersebut. (H62-60-suaramerdeka)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: