Fitur Ubuntu 11.04

 

Berikut beberapa fitur baru dan juga peningkatan yang ada di Ubuntu 11.04
Launcher
Anda bisa membuat shotcut di sini untuk memudahkan akses; berpindah antar applikasi; klik kanan pada icon disini akan menampilkan aksi ‘quick list’ untuk applikasi tertentu ; dan applikasi seperti Empathy atau Evolution akan menampilkan pesan yang belum dibaca, proses transefer dan beberapa fungsi lainnya. Launcher akan otomatis tertutup (auto hide) ketika bagian dari layar applikasi menyentuh bagian dari launcher ataupun bila ada applikasi yang memakai layar secara penuh (maximized); Sehingga tidak akan menggangu kerja anda saat memakai applikasi. Jika ada pemberitahun atau notifikasi dari program yang ada di Launcher maka bar ini akan muncul otomatis dan bergoyang. Untuk mengakases launcher saat sedang dalam posisi hide anda cukup menggerakkan mouse anda ke pojok kiri atas desktop Ubuntu.

Drag and drop
Fitur baru di  Natty Narwhal yang cukup menarik perhatian adalah kemampuan pengenalan tipe file saat kita melakukan drag-and-drop. Dengan melakukan drag file ke launcher maka applikasi yang mendukung file tersebut akan bersinar terang sementara applikasi lain yang tidak mendukung tipe file tersebut akan meredup.

Lenses
Lenses berguna untuk mencari file dan menjalankan applikasi yang tidak tersedia secara default di launcher. Tampilannya ringkas dan ditenagai dengan engine Zitgeist (engine pencarian & tracking) untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan. Dua tipe lenses telah disertakan di launcher secara defaul yaitu File Lens dan Applications Lens.

Desktop Panel
Ubuntu 11.04 hanya menggunakan satu panel desktop dengan Menu global untuk menampilkan applikasi. Mirip seperti fitur pada OS X. Pengguna perlu membiasakan diri untuk memakai fitur ini. Saat anda membuka applikasi, menu  dari applikasi  secara default akan tersembunyi, dan baru akan muncul bila kita menggerakkan mouse kita ke panel menu applikasi tersebut. Akan membingungkan baik bagi pengguna pemula ataupun yang sudah akan terbiasa dengan Ubuntu. Tombol Maximized di layar applikasi akan ditampilkan di panel untuk menyederhanakan tampilan.

Fitur Dash (Universal Search)
Mengklik logo Ubuntu di pojok kiri atas layar (atau dgn menekan tombol Windows) akan menampilkan Dash. Fungsinya mirip Universal search di Windows 7, saat anda mengetik di dash maka secara otomatis akan menampilkan list nama file dan applikasi yang ada didalam komputer anda.

Peningkatan Fitur Sound (Audio)
Menu sound atau audio di Ubuntu 11.04 telah ditingkatkan secara signifikan. Didalamnya sudah termasuk support untuk pemutar musik, pemilihan lagu melalui playlist dan kontrol volume suara untuk microphone juga ditambah saat anda melakukan panggilan telepon melalui Skype ataupun layanan VoIP sejenis.

Tampilan
Tampilan keseluruhan dari Ubuntu Natty Narwhal lebih menampilkan kesan elegan, serius dan juga professional. Untuk boot screen versi ini tidak mengalami perubahan, wallpaper standar sangat mirip dengan versi 10.10 dan untuk icon terjadi perubahan minor.

Applikasi
Beberapa applikasi default di Ubuntu 11.04 telah diupdate dan diupgrade ke versi terbaru, diantaranya adalah:

Firefox 4
Banshee media player
LibreOffice
Shotwell photo manager – greater file support
Empathy – now with user blocking
Ubuntu Software Centre – now with ratings and reviews

Stabilitas
Stabilitas versi beta ini cukup baik, jarang terjadi masalah yang serius saat memakainya. Meskipun terkadang Compiz akan crash dan membuat Ubuntu anda diam seribu kata.Untuk mengatasinya anda cukup membuat shortcut launcher Compiz di desktop.BeritaNet.com

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: