Ini Dia, Software Pembuat Batik dari Anak Indonesia

Heni BeritaNet.com | Dilihat 256 kali

Batik, selain menjadi warisan kebanggaan Indonesia, kini makin berkembang dengan adanya software untuk membuat batik. Hanya dengan beberapa klik di komputer, sebuah pola batik sudah bisa dihasilkan. Pola batik tersebut dibuat dengan software yang diberi nama Batik Fractal, diciptakan oleh anak Indonesia, alumni ITB Bandung.

Menurut salah satu pencetus ide ini, Nancy Margried, seperti yang dilansir Tempo, motif batik dipadukan dengan motif lainnya sehingga terbentuk motif yang baru. Batik Fractal yang dibuat sejak tahun 2009 tersebut masih tetap mempertahankan proses pengerjaan batik tradisional. Setelah gambar dibuat melalui komputer, gambar tersebut dicetak kemudian dijiplak ke atas kain yang hendak dibatik. Selanjutnya batik ditulis atau dicap, dan melalui proses pewarnaan seperti biasa.

Batik Fractal bermula dari obrolan beberapa alumni ITB seperti Yun Hariadi, Muhammad Lukman, serta Nancy, mengenai desain batik yang memiliki pola matematis , lalu membangun software berdasarkan pola matematis tadi, diawali dengan riset terhadap 300 pola batik Indonesia. Batik Fractal ini ternyata sudah menyebar hingga ke Australia, Inggris, dan Swiss. Pembelian dapat dilakukan melalui situs http://www.batikfractal.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: