Abrasi Hantam Purworejo – Tasikharjo

REMBANG – Kawasan pesisir pantai Desa Purworejo hingga Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori semakin parah akibat dilanda abrasi. Setidaknya dalam beberapa bulan terakhir, lima tambak di kawasan itu sudah rusak parah akibat dihantam abrasi.

Suryono, salah satu warga Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori mengatakan, abrasi terjadi karena ombak yang terjadi pada musim baratan atau timuran semakin besar. Dia menyebutkan, kondisi ini seperti ini baru terjadi tiga hingga dua tahun terakhir. ”Seperti bulan Desember ini saat musim baratan, tambak-tambak mulai terkikis ombak. Setidaknya ada lima tambak yang sekarang mulai rusak karena terkena abrasi,” jelas dia.

Dia menambahkan, akibat seringnya dihajar ombak, tambak-tambak yang berbatasan dengan laut di Desa Purworejo hingga Tasikharjo saat ini mulai tidak dilirik orang. ”Tambak itu harganya juga jatuh,” ujar dia.

Menurut warga, harga tanah untuk tambak per petak biasa­nya berkisar antara Rp 15 juta-an. Namun karena terkena abrasi, tanah tambak yang berada di pinggir tambak itu harganya jatuh hingga Rp 9-10 jutaan.

Dasimin, salah satu tokoh warga Desa Purworejo mengatakan, abrasi di wilayah Purworejo hingga Tasikharjo terjadi karena hilangnya tameng alam. Dia menerangkan, kawasan Desa Purworejo hingga Tasikharjo sebelumnya dibentengi oleh Pulau Gede dan Marongan.

Namun kondisi dua pulau itu saat ini juga mulai rusak karena karang-karangnya diambil pihak tertentu untuk pondasi rumah. ”Karena karang mulai habis, akhirnya ombak langsung mengenai pesisir pantai Desa Purworejo hingga Tasikharjo. Khususnya ombak yang datang dari barat dan timur,” terang dia.  (H19-42) suara merdeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: