Ternak Dijual, Bantuan Reaktor Biogas Mangkrak

Rembang – Syarat kepemilikan ternak secara komunal pada satu lingkungan masih menjadi kendala pemanfaatan biogas di Kabupaten Rembang. Tak jarang, bantuan pembuatan instalasi reaktor biogas yang diberikan Pemerintah Pusat, mangkrak karena keberadaan ternak yang terpisah-pisah sehingga kurang efisien.

Seperti yang terlihat di Desa Karangsekar, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. Reaktor biogas bantuan Pemerintah Pusat 2008 lalu, setahun ini tak lagi berfungsi. “Dulu sudah sempat berfungsi. Tapi belum ada setahun terpaksa berhenti karena sapi kami dijual untuk kebutuhan rumah tangga,” jelas Kartolo (45), pengelola bantuan biogas, Minggu (20/3).

Anggota kelompoknya pun tak mau memanfaatkannya lagi. Terlebih, jarak rumah satu dengan anggota lainnya berjauhan, menyulitkan pengiriman kotoran ternak untuk bahan baku. “Meski kotoran dikirim, gas yang diproduksi tak bisa menjangkau rumah seluruh anggota karena jaraknya berjauhan,” jelasnya.

Tetangga di sekeliling instalasi biogas pun lebih memilih langsung memanfaatkan kotoran ternak untuk pupuk kandang di lahan sawahnya. “Sebab butuh waktu lama agar kotoran ternak bisa diolah menjadi biogas, dan limbahnya bisa dijadikan pupuk. Kebanyakan para tetangga tak sabar,” katanya.

Terpisah, Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Rembang Purwadi Samsi mengatakan, kepemilikan ternak secara komunal oleh kelompok petani dalam satu kandang menjadi syarat pemberian bantuan instalasi biogas. Tahun ini, rencananya KLH akan kembali menyalurkan bantuan empat instalasi reaktor biogas.

“Kami akan cek kembali lokasi untuk penyaluran bantuan. setiap kelompok diharuskan memiliki sapi minimal tiga ekor dengan jarak kandang satu dan lainnya dekat,” katanya.

( Saiful Annas / CN27 / JBSM )

Sumber: , CyberNews.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: